arrow_upward

Produk Asam Kandis Lubuk Alung

Rabu, 28 Desember 2022 : 23:25

0 Comments

Produk Asam Kandis dari Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Foto: NOLI PICTURES

Produk Asam Kandis ini lahir dari para ibu-ibu yang ada di Desa Saributan, Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Asam kandis ini dikumpulkan oleh para ibu-ibu dari kebun milik warga yang ada di Lubuk Alung.

Proses penjemuran asam kandis di Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Foto: NOLI PICTURES
Proses penjemuran yang dilakukan oleh para ibu-ibu ini mengedepankan kebersihan.Buktinya setiap ingin menyentuh proses penjemuran haris menggunakan sarung tangan. Hal ini dilakukan, untuk menjamin kebersihan dari asam kadis yang diproduksi tersebut.

Proses penjemuran asam kandis di Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Foto: NOLI PICTURES

Dalam melakukan proses penjemuran ini tidak melalui sinar matahari secara langsung, melainkan menggunakan tempat yang ditutupi dengan plastik. Dengan demikian selama proses penjemuran, tidak terkenal debu atau hal-hal lainnya yang dapat merusak kebersihan dari asam kandis tersebut.

Seorang ibu memperlihatkan kemasan asam kandis yang telah diberi takaran. Foto: NOLI PICTURES

Setelah melalui proses penjemuran dan dinilai sudah kering, maka para ibu-ibu ini melakukan pengemasan. Sekilas kemasannya terlihat seperti masakan rendang. Padahal isi kemasan itu adalah asam kandis yang telah dikeringkan. 

Dua kemasan asam kandis siap untuk dipasarkan. Foto: NOLI PICTURES

Untuk masing-masing kemasan ini harga yang dipatok mulai dari Rp10.000 hingga Rp15.000. Bagi ibu-ibu yang membeli asam kandis dari Bundo Gemaran ini disarankan tidak menggunakan asam ini secara berlebihan saat memasak, karena kadar asam kandis yang diproduksi ibu-ibu ini cukup tinggi, ketimbang asam kandis yang dijual secara murah di pasar-pasar rakyat.
Klik dan Sebarluaskan

Foto Lainnya

0 Comments :

© Nolipictures.com - Galeri Foto Muhammad Noli Hendra - All Rights Reserved