arrow_upward

Sampah yang Menggunung di Objek Wisata Pantai Padang

Senin, 16 Januari 2023 : 11:35

0 Comments

Kondisi sampah yang ada di Pantai Padang, Sumatera Barat. Foto: NOLI PICTURES

Pantai Padang, Sumatra Barat, terkenal dengan wisata pantainya. Tapi ada sisi yang memprihatinkan melihat kondisi Pantai Padang bila cuaca hujan melanda wilayah tersebut.

Sampah-sampah yang ada di sungai hanyut ke pintu Muara Purus, hingga menumpuk di bibir Pantai Padang.

Para pemulung tengah mengutip botol bekas di tumpukan sampah di Pantai Padang, Sumatera Barat. Foto: NOLI PICTURES

Ada beragam jenis sampah yang terseret hingga ke bibir pantai itu. Tidak hanya pakaian, barang-barang plastik sisa kemasan makanan dan minuman saja, bahkan bangkai hewan juga turut terhempas di Pantai Padang.

Persoalan ini tidak hanya jadi keluhan para pedagang kaki lima setempat. Tapi para pengunjung juga merasa geli dan tidak nyaman saat memandangi pantai, tapi yang terlihat malah serakan sampah.

Seorang anak-anak tengah berlari bermain layang-layang di antara tumpukan sampah di Pantai Padang, Sumatera Barat. Foto: NOLI PICTURES

Kondisi ini ternyata memberikan keuntungan bagi para pemulung, karena dengan kondisi pantai yang demikian, lebih memudahkan pemulung untuk mengumpulkan botol minuman plastik dan benda-benda lainnya.

Kendati telah dikutip beberapa sampah itu, pemandangan di Pantai Padang masih mengasatkan mata. Hal ini dikarenakan tumpukan sampah di Pantai Padang itu jumlahnya cukup fantastik.

Seorang pemulung tengah mengutip botol bekas di tumpukan sampah di Pantai Padang, Sumatera Barat. Foto: NOLI PICTURES

Data dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang menjejaskan dari 900 ribu jiwa penduduk di Kota Padang sampah yang dihasilkan mencapai 600 ton sampah setiap harinya.

Dari angka tersebut, baru 100 ton yang bisa dikelola menjadi kompos atau didaur ulang. Sisanya, 500 ton sampah tetap harus ditimbun di TPA Air Dingin.

Seorang pedagang tengah membersihkan sampah yang berada di Pantai Padang, Sumatera Barat. Foto: NOLI PICTURES

Dari 100 ton sampah yang diolah, 65 persen merupakan sampah organik yang bisa dijadikan kompos dan 35 persen merupakan sampah plastik dan kertas yang bisa didaur ulang.

Sedangkan untuk sampah di Pantai Padang itu, DLH Padang secara rutin mengerahkan 4 unit armada untuk mengangkut sampah-sampah tersebut hingga ke TPA Air Dingin.

Palang informasi tentang pembuangan sampah yang berada di Pantai Padang, Sumatera Barat. Foto: NOLI PICTURES

Sejauh dapat dikatakan belum ada solusi yang konkrit terkait penanganan sampah yang ada di Pantai Padang tersebut. Karena bila cuaca hujan, Pantai Padang dipastikan dipenuhi sampah yang menggunung.

Klik dan Sebarluaskan

Foto Lainnya

0 Comments :

© Nolipictures.com - Galeri Foto Muhammad Noli Hendra - All Rights Reserved