arrow_upward

Penduduk di Perbukitan Dilanda Kekeringan

Sabtu, 21 Oktober 2023 : 10:32

0 Comments

Rumah penduduk yang ada di Bukit Gado-gado, Kota Padang, Sumatra Barat. Foto: NOLI PICTURES

Hampir sekitar dua pekan ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Sumatra Barat, mendistribusikan air bersih kepada warga yang mengalami kekeringan air bersih.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Padang Al Banna mengatakan selama pendistribusian air bersih dilakukan, tersebar ke sejumlah kelurahan di Kota Padang. Mulai dari daerah Batang Arau, Rawang, dan turut dibantu oleh pihak PT Semen Padang di daerah Lubuk Kilangan.

Warga mengangkut air bersih yang didistribusikan BPBD untuk penduduk di Bukit Gado-gado, Kota Padang, Sumatra Barat. Foto: NOLI PICTURES

"Diperkirakan sudah puluhan ribuan liter air bersih yang telah kita didistribusikan untuk masyarakat yang mengalami kekeringan sumber air di rumahnya," kata dia, Kamis (19/10/2023).

Dia menyebutkan dalam pendistribusian air bersih, tim BPBD bekerja dari siang hingga malam. Mengingat cukup banyaknya permintaan masyarakat untuk mendapatkan air bersih.

Warga mengangkut air bersih di Bukit Gado-gado, Kota Padang, Sumatra Barat. Foto: NOLI PICTURES

"Jadi tim kita bekerja dari siang hingga malam hari," ujarnya.

Dikatakannya lokasi-lokasi yang mengalami kekeringan air bersih itu, pada umumnya berada di kawasan perbukitan, seperti halnya di Batang Arau, dimana sebagian besar masyarakat tinggal di Bukit Gado-gado.

Warga mengangkut air bersih di Bukit Gado-gado, Kota Padang, Sumatra Barat. Foto: NOLI PICTURES

"Begitupun di wilayah Rawang dan di Lubuk Kilangan," sebutnya.

Salah seorang warga di Batang Arau, Reni, mengatakan, di wilayah itu masyarakat menggantungkan sumber air bersih pada mata air yang ada di bukit tersebut.

Warga mengangkut air bersih di Bukit Gado-gado, Kota Padang, Sumatra Barat. Foto: NOLI PICTURES

"Akibat cuaca panas dan hujan tidak turun, mengering sumber airnya. Dampaknya kita sulit dapat air untuk keperluan di rumah," jelasnya.

Menurutnya lebih dari 500 KK di wilayah itu yang menggantungkan air bersihnya pada sumber mata air di Bukit Gado-gado tersebut.

Warga mengangkut air bersih di Bukit Gado-gado, Kota Padang, Sumatra Barat. Foto: NOLI PICTURES

Untuk itu, pada kondisi cuaca saat ini, warga kesulitan untuk mendapatkan air bersih. "Beruntung kita dibantu terus oleh BPBD, dari siang sampai malam, bila kita minta air bersih, selalu didistribusikan sesuai kebutuhan kami," kata Reni.

Warga memindahkan air bersih ke ember setelah tiba di rumahnya di Bukit Gado-gado, Kota Padang, Sumatra Barat. Foto: NOLI PICTURES
Masyarakat berharap bentuan air bersih akan terus dilakukan BPBD hingga kondisi El Nino telah berakhir dan telah tibanya musim hujan.
Klik dan Sebarluaskan

Foto Lainnya

0 Comments :

© Nolipictures.com - Galeri Foto Muhammad Noli Hendra - All Rights Reserved