arrow_upward

Geosite Goa Kelelawar Padang Berusia 365 Juta Tahun

Rabu, 10 Juli 2024 : 10:32

0 Comments

Kondisi batu Goa Kelelawar di Padayo, Indarung, Kota Padang, Sumatera Barat. Foto: NOLI PICTURES
Asal mula goa ini dikenal sebagai goa kelelawar bukanlah tanpa alasan. Dulunya, ada sejumlah warga yang melakukan perjalanan ke Padayo dan kemudian menemukan sebuah goa dan melihat ada banyak kelelawar. 

Melihat kondisi goa yang begitu eksotis, warga setempat melakukan upaya membuat jalan setapak, dengan harapan goa kelelawar menjadi objek wisata yang baru di Padang.

Kini kondisi untuk mengakses ke lokasi goa kelelawar sudah lebih baik. Hal ini berkat kepedulian dari CSR PT Semen Padang yang turut membantu sarana dan fasilitas lainnya untuk menunjang kenyamanan pengunjung.

Akses jalan menuju Goa Kelelawar di Padayo, Indarung, Kota Padang, Sumatera Barat. Foto: NOLI PICTURES
Kemudian pada pertengahan Mei 2024 lalu Pemerintah Kota Padang bersama PT Semen Padang meresmikan wisata Geosite Goa Kelelawar di Padayo ini.

Dengan adanya sentuhan dari Semen Padang, pengunjung yang datang disuguhkan dengan suasana alam yang begitu asri dan udara yang masih terasa sejuk di kawasan goa ini.

Begitupun saat hendak memasuki goa, pengunjung tidak perlu khawatir soal akan gelap dan jalan yang basah atau licin. 

Kondisi di dalam Goa Kelelawar di Padayo, Indarung, Kota Padang, Sumatera Barat. Foto: NOLI PICTURES
Karena ada di dalam goa telah dipasang lampu penerang di sejumlah titik, mulai dari jembatan, hingga di titik pusat di tengah-tengah goa.

Suasana yang paling mengagumkan adalah lampu di dalam goa terlihat berwarna warni. Bagi yang suka foto-foto atau ngevlog, maka akan sangat bagus saat berada di dalam goa.

Namun untuk masuk ke dalam goa, pengelola Goa Kelelawar melalui kelompok sadar wisata (Pokdarwis) nya membatasi jumlah pengunjung, yakni maksimal hanya untuk 10 orang saja, dimana setiap pengunjung difasilitasi helm keselamatan. Artinya pengunjung yang masuk harus secara bergantian.

Kondisi di dalam Goa Kelelawar di Padayo, Indarung, Kota Padang, Sumatera Barat. Foto: NOLI PICTURES
Bagi Anda yang ingin berkunjung, cukup bayar Rp10.000 per orang. Lokasi goa INI berada di Padayo, Indarung, Kota Padang, Sumatera Barat. Akses utama untuk bisa sampai ke lokasi Goa Kelelawar ini, melalui pintu masuk perusahaan PT Semen Padang.

Nantinya ada petunjuk arah bagi pengunjung yang hendak pergi ke Goa Kelelawar.

Sementara terkait goa ini, menurut ahli geologi melihat dari kondisi bebatuan, maka Goa Kelelawar itu diperkirakan sudah berusia 365 juta tahun.

Selain itu ahli geologi juga menyatakan bahwa goa kelelawar dahulunya merupakan hamparan lautan dangkal yang terbentuk akibat aktivitas tektonik di kala itu

Bahkan Goa Kelelawar di Padayo ini merupakan suatu sistem sungai bawah tanah. Jika diklasifikasikan, goa ini termasuk ke dalam tipe spring atau outlet. Artinya goa ini merupakan tempat keluarnya mata air.

Klik dan Sebarluaskan

Foto Lainnya

0 Comments :

© Nolipictures.com - Galeri Foto Muhammad Noli Hendra - All Rights Reserved